Terkini

6/recent/ticker-posts

Sejarah MI Mujahidin Parimono Jombang


Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin adalah merupakan salah satu dari beberapa Madrasah di kabupaten Jombang yang cukup tua usianya yaitu didirikan pada Tahun 1927 yang diprakarsai oleh K. Mashudan dimana beliau merupakan salah satu dari putra penerus perjuangan dan pengelola pesantren di Parimono Jombang yang didirikan oleh K. Amjadul Ulama’.

Dilihat dari sejarah keturunan, K. Amjadul Ulama’ adalah putra K. Ilham Setono, putra K. Ageng Khasan Besari Tegalsari Jetis Ponorogo, putra K.Ilyas Tegalsari Ponorogo, putra K. Ageng Muhammad Besari Ponorogo, putra K. Anom Besari Kuncen Caruban Madiun, putra R. Satmata (K. Ngarobi) putra Raden Rahmad (Sunan Ampel) , putra Syeh Maulana Malik Ibrahim.

Awal Berdiri dan Masa PerkembangannyaPada tahun 1927 K. Mashudan berinisiatif mendirikan madrasah dengan restu K. Amjadul Ulama’ dan dukungan para keluarga, sesepuh dan masyarakat, maka berdirilah Madrasah Diniyah dengan pola lesehan diserambi Masjid. Pada masa perkembangan madrasah dari waktu ke waktu selalu ditata dan dibenahi, hal ini terlihat dari perubahan kelembagaannya mulai bentuk pendidikan Diniyah berubah menjadi MINU,SDI, MI Ma’arif dan akhirnya berubah menjadi MI Mujahidin di bawah naungan Yayasan Mujahidin yang pada tahun 1994, telah diaktakan di Notaris Nomor : 16/YM/14/I/1994.


Perkembangan siswa MI Mujahidin tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 428 siswa terbagi kedalam 14 kelas. Keberadaan MI Mujahidin merupakan madrasah yang cukup diperhitungkan dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat disekitarnya, karena MI Mujahidin menganut konsep pendidikan yang menyatakan bahwa “Bertaqwa,berakhlakul karimah,dan Unggul dalam berprestasi yang ditunjang oleh manajemen yang sesuai, Kemampuan guru, sarana dan prasarana yang cukup, serta dukungan lingkungan yang kondusif adalah kunci sukses menuju keberhasilan anak dalam mencapai cita-cita dan kebahagiaan di masa yang akan datang”.
MI Mujahidin dikelola secara profesional dengan mengacu pada Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Untuk tahun pelajaran 2008/2009 sudah menerapkan kurikulum 2006.dan 2008 (PAI) dan selalu di Update sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dengan memanfaatkan sumberdaya lingkungan baik di kelas maupun diluar kelas yang dibina oleh guru yang berpengalaman dengan kualifikasi pendidikan yang memiliki kompertensi dibidangnya. Untuk memenuhi kompertensi dimaksud, MI Mujahidin telah menerapkan Standar Kompertensi Minimal (SKM) yang sesuai, dengan harapan akan menghasilkan prestasi yang terukur, lulusannya diharapkan memiliki kemampuan pengetahuan yang berdaya saing.